Kamis, 01 November 2012

Jokowi Minta Satpol PP Praktikkan Cara Penertiban

Indra Akuntono | Kamis, 1 November 2012 | 11:12 WIB
 








Bambar:KOMPAS.com/Indra Akuntono
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (di atas podium) saat meminta beberapa anggota Satpol PP mempraktikkan cara menertibkan gelandangan dan pedagang, Kamis (1/11/2012), di lapangan Tugu Monas, Jakarta. Jokowi meminta Satpol PP tidak menggunakan kekerasan, melainkan mengedepankan dialog diimbangi dengan sikap tegas dalam menjalankan tugasnya.


JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo Kamis pagi memimpin apel anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di Monas, Jakarta, Kamis (1/11/2012). Dalam kesempatan ini Jokowi tak hanya memberikan imbauan pada ribuan petugas Satpol PP agar bertindak komunikatif dan tegas dalam menjalankn tugasnya. Dia juga meminta beberapa anggota Satpol PP untuk mempraktikkan cara menangani gelandangan dan pedagang liar langsung di hadapannya.


"Sekarang bagaimana dengan pedagang? Anggap pedagangnya melawan, apa yang kalian lakukan?

Permintaan itu dilontarkan mantan Wali Kota Solo ini di tengah sambutannya. Secara tiba-tiba Jokowi menginstruksikan beberapa anggota Satpol PP untuk berbaris di hadapannya. "Coba ke sini, satu anggota yang wanita juga. Empat anggota Satpol PP, dan seorang lagi yang tak berseragam," kata Jokowi.
Kemudian dia meminta keempat anggota Satpol PP yang berbaris tepat di depannya untuk menertibkan seorang gelandangan yang saat itu diperankan oleh ajudan pribadinya. "Bagaimana cara kalian kalau menghadapi gelandangan. Ayo, coba praktikkan langsung. Apakah dipukuli," selorohnya.
Beberapa anggota Satpol PP segera merespon dengan mempraktikkannya pada Jokowi. Tak hanya gelandangan, Jokowi meminta seorang pedagang untuk menjadi contoh pada simulasi itu. "Sekarang bagaimana dengan pedagang? Anggap pedagangnya melawan, apa yang kalian lakukan?" ujarnya.
Dalam simulasi penertiban pedagang, peserta apel sempat terpancing selera humornya karena seseorang yang memerankan diri sebagai pedagang nampak memberikan perlawanan pada petugas Satpol PP. Meski demikian anggota yang mempraktikkan berhasil menjalankan tugasnya dengan baik dan mendapat apresiasi dari Jokowi.
"Kalau melihat cara penertiban kayak tadi, saya yakin wibawa Satpol PP akan terangkat. Kalau pedagangnya membentak, iya iya saja, tapi langsung angkut ke mobil. Jangan ikutan membentak, tapi yang penting tegas," ujarnya.

Editor :
Hertanto Soebijoto