Selasa, 06 November 2012

Fieldtrip Pelabuhan Perikanan di PPN


I.                  PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang
Mata Kuliah Pelabuhan Perikanan merupakan mata kuliah yang mempelajari banyak aspek yang ada di Pelabuhan Perikanan. Aspek-aspek yang ada di dalam Pelabuhan Perikanan antara lain aspek ekonomi, sosial, budaya, maupun politik. Selain itu, segala aktifitas yang ada di dalam Pelabuhan Perikanan sangat menentukan mutu ikan yang akan di konsumsi oleh masyarakat Indonesia maupun masyarakat di luar Indonesia. Mata kuliah ini wajib dipelajari khususnya untuk dunia perikanan tangkap yang kesehariannya berhubungan dengan Pelabuhan Perikanan. Mata kuliah Pelabuhan Perikanan tidak cukup hanya dengan mempelajari teori-teorinya saja, perlu diadakan pengamatan langsung di lapangan agar dapat dibandingkan kenyataan yang ada di lapangan dengan teori yang telah dipelajarai. Oleh karena itu, perlu adanya fieldtrip pada Mata Kuliah Pelabuhan Perikanan.
Pada kali ini, filedtrip Mata Kuliah Pelabuhan Perikanan diadakan pada tiga tempat yaitu Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Muara Angke Jakarta sebagai pelabuhan tipe D, Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman Jakarta sebagai pelabuhan tipe A, dan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pekalongan sebagai pelabuhan tipe B. Ketiga pelabuhan tersebut diambil karena dianggap dapat mewakili gambaran Pelabuhan Perikanan di Indonesia dari berbagai tipe pelabuhan yang ada yaitu tipe A, B, dan D. Fieldtrip Mata Kuliah Pelabuhan Perikanan dilakukan untuk mengetahui berbagai aktivitas, fasilitas, dan berbagai fungsi beberapa Pelabuhan Perikanan serta melihat kegiatan-kegiatan tersebut secara langsung di lapangan sebagai perbandingan dengan teori yang didapatkan di kampus.

1.2     Tujuan
       Tujuan dari fieldtrip Mata Kuliah Pelabuhan Perikanan ini, antara lain:
  • Untuk mengetahui dan mengenal Pelabuhan Perikanan baik aktivitas, fasilitas maupun dalam pengoperasiannya,
  • Sebagai perbandingan hasil dari penelitian dengan apa yang ada pada teori,
  • Sebagai perbandingan kriteria-kriteria yang terdapat di ketiga pelabuhan perikanan.


1.3     Manfaat
Manfaat dari diadakan fieldtrip Mata Kuliah Pelabuhan Perikanan ini adalah dapat memberi gambaran nyata tentang kondisi pelabuhan perikanan di Indonesia dan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang ada di pelabuhan perikanan di Indonesia sehingga dalam prakteknya kami sebagai mahasiswa perikanan tangkap dapat mencari solusi dari permasalahan tersebut untuk masa depan dunia perikanan yang lebih baik.